TUGAS KELOMPOK
Diajukan Untuk Memenuhi dan Melengkapi Tugas pada Mata Kuliah Sepak Bola III
Dosen Pengampu MUHAMAD RUDIYANTO, M.Pd
Disusun Oleh:
Sopyan Amri
Npm : 20161320165
Karimim Barara
Npm :20161320095
Yusuf Prayoga
Npm : 2016132089
Irsan Nursalim
20161320091
Hendri Indrawijaya
Npm ; 2016132076
Tyo Dwiprasetyo
Npm 20161320176
Program Studi Penjaskesrek
Semester V (Lima)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
ROSALIA METRO-LAMPUNG
2019
BAB I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi Pelaksanaan Praktek Melatih Sepak Bola
STKIP ROSSALIA merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang propesional di bidangnya, guna melancarkan tugas dan pekerjaannya sebagai seorang pendidik.
Fakultas ilmu keolahragaan merupakan salah satu fakultas yang ada di STKIP ROSSALIA yang terdiri dari beberapa jurusan, di antaranya jurusan pendidikan jasmani dan rekreasi . Dengan tujuan menghasilkan tenaga pendidik, yang tidak hanya bisa menjadi seorang guru namun juga bisa menjadi seorang pelatih olahraga yang berkompetensi. Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan tersebut maka dituntut kepada mahasiswa agar dapat memiliki keahlian dan kemampuan yang spesifik disalah satu cabang olahraga.
Salah satu pencapaian tujuan di bidang praktek melatih sepakbola yang dikhususkan untuk mahasiswa jurusan PJKR (pendidikan jasmani dan rekreasi0 yang nantinya ilmu yang telah di pelajari mampu diaplikasikan di lapangan.
Aspek – aspek yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pelatih adalah pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang dapat di contohkan untuk masyarakat luas. Untuk mendapatkan hasil yang dapat baik maka harus ada kerja sama antara pihak yang terkait, yang saling berkontribusi . Untuk itu praktek melatih merupakan sarana yang tepat untuk pencapaian itu. Dalam melakukan praktek melatih dibutuhkan tempat yang tepat untuk pencapaian proses pembelajaran melatih. Salah satu tempat yang baik untuk melakukan praktek melatih yaitu di salah satu sekolah di pringsewu yaitu dengan SMA N 1 SUKOHARJO . Diharapkan mahasiswa dapat melakukan praktek melatih yang sesuai dengan teori yang telah di dapat di bangku perkuliahan.
B. Observasi
Sebelum melaksanakan praktek melatih, terlebih dahulu melakukan observasi pada sekolah SMA N 1SUKOHARJO dan kami sebgai mahasiswa STKIP ROSSALIA LAMPUNG menemui bapak kepala sekola sma n 1 sukoharjo pringsewu lampung .utuk meminta izin kepada beliau yang ber
NAMA : BPK SURASA .M Pd selaku kepala sekolah dismatersebut dan setelahitupun perwakilan dari kami satu orang menemui guru penjas untuk menentukan kelas mana dan jam berapa untuk bisakami pinjam untuk praktek kuliah tersebut dan kami pun dapat izin praktek pada
Jam 01 :30 sampai dengan selasi dan jam yang kami ambil adalah jam terahir
Untuk kelancaran proses melatih di sma n 1 sukoharjo telah tesedia diantaranya :
a. Lapangan sepak bolla.b. Bola 4 buah
c. gawang 2 buah
d. kun
e. Pembersih lapangan
3. YANG BERTUGAS
Ada pun nama nama di antara kami yakni
NAMA: IRSAN NURSALIM .
NAMA :KARIMIN BARARA .
NAMA : YUSUF PRAYOGA .
NAMA : HENDRI INDRAWIJAYA .
NAMA : TYO DWIPRASETYO .
NAMA : SOPYAN AMRI
BAB II
FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DALAM PRAKTEK MELATIHA. Faktor-Faktor yang Mendukung Dalam Praktek Melatih
Selama praktek melatih berlangsung penulis banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Semua itu tidak terlepas dari partisipasi dan bantuan yang di berikan dari berbagai pihak baik bantuan materi maupun non materi demi tercpainya tujuan yang telah di tetapkan.
Adapun pihak yang telah membantu antara lain :
1. Bapak EDI SUTRISNO yang sebagai guru penjasnya membantu kami proses berjalanya melatih anak –anak yang ada di sekollah tersebut dan bapk tersebut pun mengizinkan waktu mengajarnya untuk kami pinjam sampai dengan selasai
2. Kelas X MIA (IPA 1) yang telah bersedia kami arahkan ke lapanga untuk mengikuti intruksi kami sebagi penggati guru penjas nya
B. Proses praktek melatih sampai dengan selsai
1. kami memasuki ruang kelas dan menyampaikan bahwa kami sebagai guru penggati meraka
2. kami masih di ruang kelas menunggu siswa dan siswi ganti kaos olah raga
3. dan kami lanjut dengan memberi intruksi bahwa kita akan kelapangan sepok bolla yang ada di sekola sman 1 suko harjo
4. kamipun menuju lapangan dengan berjalan sembari mengamati siswa/siswi untk mengetahui seberapa mereka antusias
5. sampi di lapangan kami pun melakukan pemanasa dengan membuat sebuah lingkaran besar dengan di pimpin oleh rekan kami yakni . karimi barara
6. mulai masuk kemateri kami pun menjelas kan apa materi yang kami berikan di antaranya
7. pasing . dribbling .kontrol dan shuting heding
dalam proses praktik di lapangan pun berjalan siswa mengikuti apa yang telah kami sampaikan dan kami intruksikan materi pertama pasing di bagi 4 kelompok sama rata dan meraka melakukannya sampai 5 kali pengulangan dan materi dan kami mengamati bahwa mereka pun sangat antusia dalam melakukan praktekyang telah kami tentukan da pun foto foto hasil melatih sepak bolla di sma n 1 sukoharjo
B. Kendala-Kendala yang Ditemui
Selama melakukan praktek melatih dapat melaksanakan dengan lancar, namun ada beberapa hambatan yang kelompokkami temui antara lain :
1. Terbatasnya Penggunaan Lapangan
Penjadwalan pemakaian lapangan tidak berjalan baik di karenakan kondisi cuaca yang tidak menduku sehingga kami pindah ke aula
Lapanga yang hanya di gunakan sebagaian sja dan gawang menggunakan bambu
2. Kurangnya Motifasi Dan Disiplin Sebahagian siswa/siswi
Didalam melakukan suatu latihan dituntut motivasi dan kedisiplinan a Tanpa adaya motifasi dan kedisiplinan seorang siswa akan mengganggu proses latihan yang sedang berlangsung.
C. Altenatif Pemecahan Masalah
Sesuai dengan hambatan dan kendala-kendala yang di temui dalam praktek melatih, maka kelompok kami melakukan usaha-usaha yang mengarah kepada perbaikan dengan cara sebagai berikut :
1. Terbatasnya penggunaan lapangan
Usaha yang di lakukan dengan mengadakan pendekatan dengan pemakai lapangan yang tidak disiplin serta mengotimalkan satu lapangan dengan cara melakukan latihan secara bergantian degan membagi siswa /siswi berkelompok samarata agar lebih baikdalam proses melatih
2. Kurangnya motivasi dan disiplin sebahagian atlet
Melakukan pendekatan melalui nasehat serta penghargaan kepada siswa/siswi , memberikan latihan yang bervariasi agat tidak monoton sehinga siswa siswi tidak mudah bosan dan akan mengikuti latihan dengan baik
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. SMA N 1 SUKOHARJO merupakan salah satu Ssekolah yang perkembangannya pesat hal ini di tandai dengan binaan yang baik dan mampu menunjukkan prestasinya baik pada tingkat daerah, wilayah, maupun nasional.
2.SMA N 1 SUKOHARJO di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan GURU yang berkualitas
3. Selama melakukan praktek melatih di SMA N 1 SUKOHARJO ditemukan kendala-kendala antara lain kurangnya motivasi sebagian SISWA dan kemapuan yang berbeda serta pemakaian lapangan yang terbatas.
B. Saran
Untuk meningkatkan mutu dan kulitas lulusan STKIP ROSSALIA khususnya jurusan pendidikan jasmani dan rekreasi kendaknya betul-betul dipersiapkan tenaga–tenaga yang benar-benar menguasai salah satu cabang olahraga agar kelak tamatan STKIP ROSSALIA tidak merasa canggung terjun ke masyarakat serta mempu menciptakan lapangan kerja baru.
Untuk menciptakan atlet yang berprestasi bukanlah hal yang mudah namun melalui usaha yang maksimal mungkin dengan mempersiapkan sesuatu yang harus di pahami seperti pelatih betul-betul kompeten .
No comments:
Post a Comment